Pantai Pasir Enam, Pantai Cantik di Jayapura


Keindahan alam di tanah Papua memang tidak perlu diragukan lagi. Jayapura yang berbatasan dengan Samudera Pasifik membuat wilayah ini memiliki beberapa pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Pasir Enam. Objek wisata yang satu ini mampu membuat wisatawan yang datang terkagum – kagum dengan keindahan alamnya. Pantai dengan panorama alam yang luar biasa ini terletak di distrik Jayapura Utara, Jayapura. Walaupun terletak di wilayah perkotaan, untuk mencapai lokasi pantai ini tidak semudah mencapai objek wisata pantai lainnya yang hanya memerlukan alat transportasi darat.

Pasalnya, Anda harus menggunakan perahu motor agar bisa sampai di pantai ini dengan cepat. Pertama – tama, Anda dapat menuju Pantai Dok VIII. Selanjutnya, dari pantai tersebut Anda dapat menyewa perahu motor yang akan mengantarkan Anda ke Pasir Enam. Tarif sewa perahu tergantung dari kapasitas dan hasil negosiasi antara Anda dengan pemilik perahu. Perjalanan dari Pantai Dok VIII memerlukan waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Karena perjalanan tersebut melewati Teluk Cenderawasih, jangan heran jika Anda merasakan ombak dan gelombang yang cukup besar dalam perjalanan.

Tetapi, pemandangan lautan biru dan keindahan alam lainnya akan membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Anda sebenarnya juga bisa menggunakan jalur darat untuk sampai di lokasi pantai. Namun aksesnya cukup sulit karena harus berjalan kaki melalui jalan setapak di hutan dan lembah Cyclops. Kemiringan track yang akan dilalui antara 20 sampai 70 derajat. Perjalanan melewati jalur darat ini dapat dimulai dari belakang perumahan Bucen VI kemudian berjalan sekitar 3 km. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan suasana hutan yang masih alami, bebatuan gunung, air terjun, dan jurang.

Rute darat ini cocok untuk wisatawan yang menyukai aktivitas hiking atau menyukai tantangan. Pantai Pasir Enam adalah pantai alami yang memiliki pasir berwarna putih. Suasana di pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Apalagi latar belakang pantai ini juga berupa kawasan perbukitan. Walaupun garis pantainya tidak terlalu panjang, ombak dan tarikkan ombak di pantai ini cukup besar. Bagi Anda yang belum mahir berenang, sebaiknya jangan berenang di pantai ini. Masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan seperti bersantai di tepi pantai dan membakar ikan.

Namun bagi Anda yang pandai berenang, Anda dapat mencoba snorkling di pantai ini. Untuk snorkling, peralatan harus dibawa sendiri sebelum ke pantai karena di pantai ini tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling. Daya tarik lainnya dari Pantai Pasir Enam ini adalah keberadaan air sungai yang langsung mengalir ke laut. Air sungai ini sangat jernih dan dapat dijadikan sebagai tempat berenang bagi wisatawan yang kurang mahir berenang. Anda juga dapat menggunakan sungai ini untuk membilas tubuh setelah berenang di pantai.

1 komentar:

  1. Ada banyak sekali spot cantik di papua yang masih belum banyak orang ketahui.
    Rental Mobil Jayapura

    ReplyDelete