Kawah Kamojang, Wisata Alam Favorit di Garut


Garut selain memiliki makanan khas dodol ternyata juga memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah objek wisata Kawah Kamojang. Walaupun kawah ini sebenarnya masuk di wilayah Bandung tetapi lokasinya yang berdekatan dengan Garut membuat kawah ini dikenal sebagai objek wisata Garut. Kawah ini terletak di ketinggian 1730 m dpl sehingga membuat udara di sini sangat dingin. Kawah ini merupakan sumber panas bumi yang dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi dan berada di bawah pengelolaan PT Indonesia Power. Tidak semua panas bumi di tempat ini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Sebagian digunakan sebagai objek wisata seperti di Kawah Kereta dan Kawah Manuk. Perjalanan ke Kawah Kamojang dapat ditempuh dari pusat kota Garut atau dari Bandung. Rute terbaik adalah dari Garut karena lebih dekat. Jika mengambil rute dari Bandung, Anda harus melewati jalan yang sebagian besar menanjak dan banyak tikungan tajam sehingga memerlukan konsentrasi ekstra. Rute dari Garut relatif nyaman dan pemandangan yang akan dilihat selama perjalanan juga sangat indah di mana kiri dan kanannya merupakan hutan hijau yang asri. Hutan tersebut masih alami karena masih jarang rumah penduduk.

Rute dari Bandung adalah melewati Majalaya kemudian Paseh dan sampailah di PLTP Kamojang. Namun jika dari Garut, Anda dapat melewati Tarogong kemudian Samarang dan baru tiba di PLTP Kamojang yang dilanjutkan perjalanan menuju kawah. Untuk mencapai lokasi ini Anda dapat membawa kendaraan pribadi atau menyewa mobil karena sampai saat ini belum ada angkutan umum yang dapat mencapai kawah. Kendaraan umum maksimal dapat mencapai kawasan PLTP Kamojang. Selanjutnya, Anda harus berjalan sekitar 2 km dengan kondisi jalan agak menanjak untuk sampai di lokasi kawah.

Objek wisata alam ini memiliki luas kurang lebih 10 hektar di mana sebagian besar sudah dimanfaatkan untuk keperluan pariwisata. Sementara itu sekitar 2 hektar wilayahnya masih dalam proses perombakan. Di taman wisata ini terdapat sekitar 23 kawah. Dua di antara kawah tersebut mempunyai bentuk seperti danau yang mengeluarkan asap di permukaan airnya. Hal ini membuat suasana di sini seperti selalu berkabut walaupun di siang bolong. Jika hujan, kabut akan semakin tebal dan menutupi sebagian besar tempat wisata ini. Harga tiket masuk di objek wisata ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp 5 ribu per orang.

Daya tarik utama dari objek wisata ini tentu adalah Kawah Kamojang. Kawah tersebut berupa saluran seperti goa – goa di mana uap panas dari dalam perut bumi keluar lewat lubang goa. Jika dilihat dari kejauhan, dari kejauhan mungkin akan terlihat ada orang yang sedang membakar sesuatu di dalam goa tersebut. Tetapi itu sebenarnya adalah uap panas. Sangat unik bukan? Pemandangan seperti ini mungkin belum tentu bisa disaksikan di tempat lain.

0 komentar:

Post a Comment