Mengunjungi Pantai Balekambang, Bali Ala Jawa Timur


Jika berbicara tentang pantai – pantai di pulau Jawa, mayoritas orang akan langsung tertuju pada pantai di Jogja atau Jawa Barat yang memang memiliki banyak objek wisata pantai yang populer. Padahal, tidak hanya kedua provinsi itu saja yang memiliki pantai indah. Faktanya, Jawa Timur juga memiliki banyak keindahan pantai tersembunyi yang tidak kalah menarik. Di antara sekian banyak pantai yang ada di Jawa Timur, Pantai Balekambang mampu menyuguhkan atmosfir khas Bali. Balekambang terletak di kota Malang. Lokasinya berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Malang.

Pantai ini akan menyuguhi para pengunjungnya dengan atmosfir atau suasana seperti yang dapat Anda temukan di pulau Bali. Mengapa demikian? Pasalnya ada sebuah titik di Balekambang yang sangat mirip dengan pantai Tanah Lot Bali. Sama seperti pantai Tanah Lot, di Balekambang juga terdapat sebuah pulau kecil. Di pulau tersebut berdiri sebuah pura. Pulau ini berjarak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau tersebut. Garis pantai Balekambang sendiri membentang sepanjang 2 km. Pantai ini menawarkan panorama yang sangat indah, terutama pada saat hari cerah.

Pada saat cuaca cerah, para wisatawan dapat menikmati indahnya langit biru sambil mendengarkan suara ombak. Ombak di Balekambang cukup tinggi. Oleh sebab itu, para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di laut karena sangat berbahaya. Walaupun pengunjung tidak diijinkan berenang, pengunjung masih bisa bersantai dan bermain di area pantai. Para pengunjung dapat menikmati semilir angin pantai dan menyusuri bibir pantai. Selain itu, Anda juga dapat bermain pasir. Pasir di sini terlihat seperti kristal. Pasir di pantai ini didominasi oleh pasir putih. Namun di beberapa bagian pantainya, pasirnya berwarna coklat.

Terdapat tiga pulau kecil yang lokasinya berdekatan dengan Balekambang. Pulau yang pertama adalah pulau Ismoyo. Pulau inilah yang mirip dengan Tanah Lot di Bali di mana terdapat pura yang berdiri di pulau tersebut. Biasanya pura ini digunakan untuk mengelar upacara Jalani Dhipuja. Jalani Dhipuja atau yang biasa disebut dengan Upacara Melasti merupakan salah satu upacara dalam kepercayaan agama Hindu yang digelar tiga hari sebelum hari raya Nyepi setiap tahun. Upacara tersebut diselenggarakan di pura Luhur Amerta Jati yang terletak pulau Ismoyo.

Para wisatawan yang ingin melihat seluruh proses upacara harus datang lebih awal. Upacara tersebut biasanya dimulai pukul 10 pagi sampai pukul 1 siang. Dalam upacara tersebut, Anda dapat melihat umat Hindu menghanyutkan sesaji di laut. Biasanya, sesaji tersebut berupa hasil bumi. Sesaji tersebut diberikan kepada Tuhan sebagai ungkapan rasa syukur.

0 komentar:

Post a Comment