Kecantikan Tersembunyi di Pulau Beras Basah


Di Bontang, Kalimantan Timur terdapat sebuah pulau cantik yang belum begitu populer di kalangan wisatawan. Pulau ini tak lain adalah Pulau Beras Basah. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang indah, mercusuar yang menjulang tinggi dan yang tidak kalah menarik adalah kekayaan alam bawah lautnya yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Dulunya pulau ini hanya dijadikan sebagai tempat wisata untuk para karyawan dari perusahaan gas yang berada di Bontang. Namun lambat laun pulau ini makin banyak diminati oleh masyarakat lokal dan pengunjung dari luar Bontang.

Keindahan yang ditawarkan pulau ini memang tidak perlu diragukan lagi. Sensasi perjalanan untuk sampai ke pulau ini juga tidak kalah seru. Bagaimana tidak, sebelum mencapai lokasi pulau ini, Anda harus melalui jalanan yang berliku, mendaki, dan menurun dengan kondisi jalan yang terjal. Hal ini tentu memberikan sensasi tersendiri bagi Anda. Tidak perlu biaya yang mahal untuk sampai di pulau ini. Dari kota Balikpapan, Anda cukup menggunakan transportasi umum atau membawa kendaraan pribadi. Jika ingin hemat di ongkos, Anda bisa pergi berombongan agar biaya perjalanan darat dan laut lebih hemat.

Lama perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda memakan waktu sekitar 3 jam. Dari Samarinda ke Bontang sampai Pelabuhan Tanjung Laut memerlukan waktu sekitar 3 jam. Sementara itu dari pelabuhan menuju ke Pulau Beras Basah memerlukan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Di sepanjang perjalanan menuju Bontang, Anda akan menjumpai banyak rumah makan. Jangan lupa mampir untuk mencoba kuliner khas Borneo. Selain makan, di sana Anda juga dapat beristirahat karena restoran tersebut dilengkapi dengan balai – balai dari bambu. Tempat tersebut biasanya juga menyediakan mushola dan toilet umum.

Saat berada di Beras Basah, Anda dapat menikmati sunset atau sunrisenya yang indah. Pulau pasir di sekitar Beras Basah juga tidak kalah menakjubkan untuk dikunjungi. Pulau pasir yang dikenal dengan sebutan Gosong ini dapat dicapai dengan speed boat atau perahu klotok. Sebelum berkunjung ke pulau ini sebaiknya bawalah air minum yang cukup dan juga tenda jika ingin menginap. Pasalnya pulau ini tidak memiliki air bersih, kecuali jika Anda mau membeli dengan harga Rp 5 ribu untuk 5 liter air bersih. Selain Beras Basah, Anda juga bisa berkunjung ke Pulau Segajah yang masih terletak di Selat Makassar wilayah Bontang. Dari pulau ini, pulau Segajah dapat ditempuh dengan speedboat atau perahu.

Pulau Segajah tidak kalah menarik dari Beras Basah. Jika di pulau ini terdapat fasilitas mushola, rumah, mercusuar, dan pedagang, di Pulau Segajah Anda tidak akan menemukan semua ini. Tetapi di sana Anda dapat melihat ratusan bintang laut menghiasi tepi pulau dan terumbu karang yang sangat dangkal. Jadi jika tidak bisa berenang, Anda tetap dapat menikmati keindahan terumbu karangnya dari atas. Pulau Beras Basah dan Pulau Segajah merupakan tempat yang sangat indah untuk para pecinta snorkeling dan diving.

0 komentar:

Post a Comment