Merasakan Tanah Afrika di Banyuwangi


Siapa yang sangka ternyata di Indonesia ada area yang karakteristiknya mirip sekali dengan tanah Afrika. Tepatnya di Daerah Banyuwangi. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda akan melihat pemandangan yang sangat menakjubkan dan seolah-olah Anda sedang menginjakan kaki Anda di tanah Afrika. Sadengan adalah savanna ala warga Banyuwangi dan Segaro Anak adalah kawasan hutan mangrove yang mirip sekali seperti hutan mangrove yang ada di Amazon. Pastinya Anda penasaran bukan? Keduanya adalah bagian dari Taman Nasional Alas Purwo yang terletak di Daerah Banyuwangi, Jawa Timur.

Kedua tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan masih asli, melainkan juga sebagai medan petualangan yang bisa dikatakan cukup berat. Pasalnya Anda para pecinta petualangan akan ditantang untuk menjelajahi  kawasan yang mirip dengan topografi Afrika dan Sungai Amazon. Sadengan merupakan area seluas 84 hektar yang terletak di Pos Sadengan. Titik terdekat untuk menuju ‘tanah Afrika’ ala Banyuwangi ini adalah Pos Rawa Bendo yang hanya berjarak dua kilometer saja dari padang savanna ini. Anda pastinya tahu Pos Rawa Bendo merupakan pintu masuk utama menuju ke Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur.

Sesaat setelah memasuki pintu masuk ini, di depan Anda terlihat hamparan padang savanna yang sangat luas. Seketika Anda seolah-olah berada di tanah Afrika yang memang terkenal dengan savanna dan alam liarnya. Suasana savanna di kawasan taman nasional ini akan semakin terlihat nyata dengan adanya kumpulan banteng jawa yang bergerombol dan berkeliaran kesana-kemari. Banteng-banteng jawa ini memang hidup liar di Sadengan ini. Hewan yang bernama latin Bos Javanicus ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan banteng yang ada di Afrika. Banteng dengan kulit berwarna hitam adalah banteng jantan, sedangkan banteng yang berwwarna cokelat adalah banteng betina.

Catatan terakhir menyebutkan bahwa hingga tahun 2012, jumlah total banteng jawa yang hidup di Sadengan ini sekitar 125 ekor. Tak hanya banteng jawa yang menjadi satu-satunya satwa penghuni kawasan savanna di tanah  Afrika di Banyuwangi ini. Jika Anda beruntung, Anda akan menemui kawanan rusa yang sekali-kali terlihat. Namun sayang rusa begitu sensitif sehingga hanya sedikit orang saja yang dapat melihatnya pasalnya rusa enggan dijamah oleh manusia. Kemudian di pagi hari antara pukul enam pagi hingga sepuluh pagi, akan ada kawanan burung merak yang berterbangan alias lalu lalang kesana kemari di lokasi ini.

Tapi jangan pernah mengunjungi Sadengan di malam hari pasalnya tempat ini menjadi tempat favorit kawanan anjing hutan untuk berburu mangsa. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya? Ajak serta keluarga tercinta untuk berwisata safari di Taman Nasional Alas Purwo khususnya menikmati indahnya dan asiknya berpetualang di kawasan Sadengan dan Segaro Anak.

0 komentar:

Post a Comment